SEJARAH MADRASAH
Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Ishlah Kalisat Bungkal Ponorogo didirikan pada tahun 1979 oleh yayasan bernama “ Yayasan Pendidikan Islam (YPI ) Al-Ikhlas “ Bungkal Ponorogo. Yang personalianya terdiri dari : Para Tokoh Masyarakat , Tokoh Agama ,Tokoh Pendidikan para Kyai Ulama’ di wilayahkecamatan Bungkal.
Sejak berdiri sampai sekarang Alhamdulillah kegiatan belajar mengajar ( KBM ) di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Ishlah Kalisat Bungkal Ponorogo dapat berjalan tertib , teratur dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari perkembangan siswa baru yang stabil bahkan meningkat pada lima tahun terakhir.
Pada tahun pelajaran 2007/2008 Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Al-Ishlah menampung 377 siswa belajar dengan kelas paralel sebanyak 10 Rombongan Belajar . Sedangkan siswa tamat pada tahun pelajaran 2007/200 sebanyak 115 anak.
Sekarang kami sudah memiliki satu Ruang Kepala, satu Ruang Guru , Satu Ruang Tata Usaha , satu Ruang perpustakaan , satu Ruang Praktek Komputer , satu Ruang OPMA , dan empatRuang kamar Mandi / WC.
VISI MADRASAH
UPRES BERIMTAQ serta AKHLAQUL KARIMAH
(Unggul Prestasi berdasarkan Iman dan Taqwa serta Berakhlaqul Karimah) Indikator - indikatornya adalah :
1 Unggul dalam pembinaan keagamaan Islam
2 Unggul dalam peningkatan Prestasi UNAS
3 Unggul dalam peningkatan Prestasi Bahasa Arab
4 Unggul dalam peningkatan Prestasi Bahasa Inggris
5 Unggul dalam peningkatan Prestasi Olah Raga
6 Unggul dalam peningkatan Prestasi Kesenian
7 Memiliki lingkungan Madrasah yang nyaman dan kondusif
8 Mendapatkan kepercayaan dari Masyarakat
MISI MADRASAH
Nilai-nilai yang dikembangkan di Madrasah Tsnawiyah Ma’arif Al-Ishlah mendukung nilai-nilai moral, akhlak dan ketrampilan sebagaimana terkandung dalam kurikulum pembelajaran.
a. Menumbuhkembangkan sikap dan amaliyah Keagamaan islam
b. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkualitas dalam rangka mempercapat kualitas pendidikan.
c. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif , sehingga setiap siswa dapat. berkembang secara optimal , sesuai dengan potensi yang dimiliki
d. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh Warga Madrasah baik dalam prestasi akademik maupun non akademik
e. Menciptakan lingkungan madrasah yang sehat , bersih dan indah
f. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya , sehingga dapat di kembangkan secara lebih optimal.
g. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga Madrasah dan Komite Madrasah.
h. Mendorong siswa agar memiliki motivasi belajar yang tinggi dan berkesenimambugan serta memiliki rasa tangung jawab yang tinggi terhadap masyarakat.